Minggu, 09 Agustus 2015

Pantai Boom

Januari 2008

Pertama Jalan-Jalan dibanyuwangi ke pantai Boom yang paling dekat dengan WSR, ternyata pantainya sangat bagus bisa melihat pulau Bali dari pulau Jawa.
Kata boom mungkin saat ini hanya terdengar di sekitar pelabuhan. Saat ini boom merupakan kata yang kurang umum dikenal , maknanya adalah struktur rangka alat berat (crane) atau balok pengendali layar perahu (horisontal) yang terletak di bawah tiang layar (vertikal). Kata ini berasal dari bahasa Belanda yang bermakna pohon . Asal arti ini kemudian dalam dunia konstruksi menjadi bermakna balok (beam dalam bahasa Inggris, yang rupanya juga mengimpor kata ini kedalam kosa kata mereka).
Dalam sejarah Surabaya, kata boom memiliki tempat yang unik karena ada dua lokasi bea cukai di Surabaya yang bernama Kleine Boom ( di Ujung) dan Groote Boom (di Willemsplein). Kleine Boom untuk bea cukai pendatang asing dari kapal dan Groote Boom untuk bea cukai barang-barang sehingga otomatis membutuhkan tempat lebih besar dan dilengkapi dengan alat angkat berat (crane). Mengapa bea cukai ini bernama boom kecil dan boom besar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar